Minggu, 19 Desember 2010

Masdar City - Kota Hijau di Padang Pasir

Masdar yang dalam bahasa arab berarti sumber, yang dimaknai sebagai sumber untuk mewujudkan kemajuan dunia. Masdar City yang berjarak 17 km dari pusat kota Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab adalah kota yang dirancang menjadi kota ramah lingkungan dengan pembangunan energi terbarukan dari inovasi dibidang ilmu pengetahuan dan mengoptimalkan sumberdaya alam dan manusia.

Masdar City


Masdar City di rencanakan rampung pada tahun 2016 nanti, fase pembangunan pertama di tahun ini adalah pengerjaan kota seluas 6 Km2 untuk dapat dihuni oleh 45-50 ribu jiwa dan membangun 1.500 kantor, termasuk pabrik yang memprodusi barang-barang ramah lingkungan, penduduk kota tidak akan di izinkan menggunakan mobil pribadi dikota ini, kecuali hanya bisa memanfaatkan transportasi umum yang disediakan, akan ada tembok yang menjaga kota dari tiupan angin gurun dan memungkinkan di jalan-jalan kota terpasang cerobong yang meniupkan udara sejuk, pembangunan yang pertama akan dilakukan adalah pembangkit listrik tenaga surya di salah satu bagian kota dengan kapasitas 40-60 megawatt dan dilanjutkan dengan pembangunan pembangkit listrik dan tambahan modul photovoltaic (sel surya) yang akan terpasang pada atap-atap rumah untuk penambahan energi hingga mencapai 130 megawatt.

inovasi lainnya untuk pembangkin listrik yang dirancang adalah dengan menambah pohon-pohon elektrik yang menyerupai batang dengan baling-baling di sekeliling kota yang dapat menambah energi 20 megawatt, Masdar Burghal di rencanakan akan menjadi kota dengan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan hidrogen terbesar di dunia serta menjadi kota berteknologi tinggi ramah lingkungan.

Para ilmuan menyebutkan, walaupun wilayah Abu Dhabi memiliki sumberdaya minyak yang tergolong besar (8 persen dari jumlah minyak bumi dunia), namun cadangan minyak bumi tersebut akan habis 92 mendatang. sehingga rancang bangun masdar burghal menjadi dasar keinginan Abu Dhabi untuk menadi pendukung fanatik pada energi terbarukan. Untuk mendanai proyek ini, pemerintah Abu Dhabi akan melakukan monetisasi terhadap reduksi karbon di Masdar City. Pemerintah akan menginvestasikan dana sebesar 4 miliar dolar AS dan sisanya sebesar 18 miliar dolar AS akan didukung dengan berbagai jenis pembiayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar