Minggu, 25 April 2010

Sistem Sosial Indonesia

Upaya-upaya yang dilakukan untuk mempertahankan integrasi masyarakat Indonesia :
1. Menegakkan hukum yang berlaku secara benar dan adil. Hal ini dikarenakan dalam suatu masyarakat pasti terdapat kepentingan-kepentingan yang mungkin bertentangan satu sama lainnya untuk itu diperlukan alat untuk mengendalikan kepentingan tersebut agar tidak terjadi konflik. Alat tersebut adalah hukum.
2. Anggota masyrakat Indonesia harus bersepakat mengenai struktur pemerintahan dan aturan-aturan politik yang berlaku bagi seluruh masyarakat.
3. Tetap menjaga kekuatan koersif untuk mengatasi separatisme, karena karena dalam angkatan bersenjata yang kuat membuatnya menjadi lebih berwibawa. Pendekatan ini bisa mendorong kekuatan asing segan mengacak-ngacak kedaulatan Indonesia dengan isu separatisme.
4. mensosialisasikan dan membudayakan berbagai kebudayaan yang berbeda untuk saling terintegrasi dalam kebudayaan nasional
5. menghilangkan istilah mayoritas dan minoritas serta menghilangkan berbagai bentuk diskriminasi agar terciptanya suatu integrasi ditengah pervedaan yang ada.
6. mewujudkan idealisme atau cita-cita nasional melalui pembangunan di berbagai sektor dengan menitik beratkan pada pemerataan pembangunan, seperti IDT, dan kredit bagi penusaha ekonomi lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar