Sabtu, 22 Januari 2011

Bentang alam Thailand

Sungai Chao Phraya

Langsung ke: navigasi, cari
Chao Phraya adalah sungai utama di Thailand dengan panjang sekitar 372 kilometer. Sungai ini memiliki endapan aluvial yang rendah dan menyebar ke seluruh daratan Thailand. Aliran Chao Phraya berakhir di Teluk Thailand.

Sungai Ping


Suasana sungai Ping di malam hari
Sungai Ping merupakan hulu sungai dari Sungai Chao Phraya di Thailand. Sungai ini bersumber dari Doi Chiang Dao, daerah provinsi Chiang Mai dan melintasi Lamphun, Tak, Kamphaeng Phet. Sungai Ping membentuk aliran sungai Chao Praya setelah bertemu dengan Sungai Nan di Nakhon Sawan.

Sungai Kraburi

Sungai Kraburi atau Kra atau Pakchan adalah sebuah sungai yang terletak di perbatasan Thailand dan Myanmar persisnya di wilayah Kra Isthmus, Semenanjung Malay. Sungai Kraburi mengalir ke Laut Andaman dekat kota Ranong di Thailand dan Kawthaung (Victoria Point), Myanmar.
Hal penting dari sungai ini adalah bahwa sungai ini memiliki panjang 65 km dan lebar muara sungai yang mencapai 6 km dan merupakan hutan mangrove terbesar di Thailand, sehingga menjadi wilayah yang dilindungi. Taman Nasional Lam Nam Kraburi mencakup hampir sebagian besar wilayah Thailand dari muara sungai, sementara Ranong Biosphere Reserve dan Laemson Ramsar Site mencakup wilayah yang jauh ke selatan.
Sungai ini memiliki panjang 65 km dengan terjadinya pasang surut yang luas sehingga menyebabkan air meluap. Di sekitarnya terdapat banyak pulau atau gugusan pulau-pulau.

 Pegunungan di Thailand

  Pegunungan Cardamom


Kemah penebang hutan ilegal di pegunungan Kardamom.
Pegunungan Krâvanh Mountains, atau "Pegunungan Cardamom" (Khmer Kravanh.png, Chuor Phnom Krâvanh; bahasa Thai: เขาบรรทัด, Khao Banthat), adalah deretan pegunungan di Kamboja barat daya didekat perbatasan dengan Thailand. Titik tertinggi pegunungan ini adalah 1.813 meter.

Pegunungan Titiwangsa

Langsung ke: navigasi, cari
Pegunungan Titiwangsa (bahasa Melayu:Banjaran Titiwangsa) ialah jajaran pegunungan yang membentuk tulang punggung Semenanjung Malaya. Jajaran ini bermula di utara di Thailand Selatan, membentang ke tenggara dan berakhir di selatan dekat Jelebu, Negeri Sembilan, Malaysia. Titik tertingginya ialah 2.183 m (Gunung Korbu). Pegunungan ini ialah pemisah alami, memisahkan Semenanjung Malaysia menjadi daerah pesisir timur dan barat.
Beberapa tujuan wisata terkenal di Malaysia seperti Cameron Highlands dan Bukit Fraser terletak di pegunungan ini.

Danau di Thailand

 Danau Phayao


Danau Phayao.
Danau Phayao (bahasa Thailand: กว๊านพะเยา, Kwan Phayao) adalah danau di Thailand utara. Danau ini memiliki luas sebesar 2.3i km² pada ketinggian 380 m. Danau ini memiliki kedalaman 1.7 m. Kota Phayao terletak di pojok tenggara danau. Danau ini dibuat tahun 1939 untuk irigasi. Terdapat rencana untuk memulihkan kuil Wat Tilok Aram di dasar danau yang dibangun pada abad ke-15, yang tenggelam saat konstruksi danau.[1][2]

Pulau dan Kepulauan di Thailand

Kepulauan Phi Phi


Lokasi Kepulauan Phi Phi
Pantai Mahya di Ko Phi Phi Lee
Kepulauan Phi Phi (bahasa Thailand: หมู่เกาะพีพ) terletak di Thailand, antara pulau Phuket dan Thailand daratan. Secara politik kepulauan ini merupakan bagian dari Provinsi Krabi.
Ko Phi Phi Don ("ko" berarti pulau dalam bahasa Thailand) adalah pulau terbesar dalam kepulauan ini, dan merupakan satu-satunya pulau dengan penduduk permanen meskipun pantai dari pulau terbesar kedua, Ko Phi Phi Lee sering dikunjungi oleh banyak turis. Tidak ada fasilitas akomodasi dalam pulau ini, namun perjalanan dari Ko Phi Phi Don hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Pulau-pulau lainnya tidak lebih dari batu-batu karang besar yang mencuat ke permukaan laut.
Ko Phi Phi Lee menjadi pulau terkenal, setelah difiturkan dalam film The Beach. Ada kritikan dari film tersebut yang memberikan izin untuk mengubah lingkungan dari pulau ini adalah ilegal [1].
Pada 26 Desember 2004, Phi Phi Don hancur oleh tsunami akibat Gempa bumi Samudra Hindia. Pada 13 Mei 2005, hampir seluruh bisnis di pulau ini telah beroperasi kembali dengan alarm seluruh-pulau dan fasilitas keamanan.


Berikut adalah daftar pulau-pulau Thailand. Namanya biasanya didahului oleh Ko yang berarti pulau dalam bahasa Thailand.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar