Senin, 24 Januari 2011

Timor Leste Negara Termiskin No-7 Dunia

Timor-Timur adalah sebuah negara kecil yang terletak disebelah utara Australia dan bagian timur Pulau Timor.
Negara berpenduduk 1.084.971 jiwa ini pada tahun 1976 sempat bergabung dengan Indonesia setelah ditelantarkan Portugal pada tahun 1975 karena Portugal dilanda Revolusi Anyelir. Pada tahun 1999, Timor-Timur memisahkan diri dari Indonesia melalui referendum pemisahan diri, dan resmi membentuk Negara merdeka pada tanggal 20 mei 2002, dan kemudian mengganti nama menjadi Timor Leste.

Harapan besar dan angan yang tinggi terpatri bahwa setelah lepas dari Indonesia, Negara yang beribukota di Dilli ini akan menjadi Negara kaya, karena akan mengeksploitasi minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap).
Namun ternyata, sulit bagi Timor-Timur untuk mendapatkan devisa dari Celah Timor , karena Australia yang sejak semula mengiming-imingi Timor-Timur tentang pengelolaan eksploitasi tersebut mendapatkan hasil 80% dari pengelolaan eksploitasi Celah Timor, sedangkan Timor-Timur hanya mendapat sisanya.
Australia juga menghalang-halangi Timor-Timur untuk menguasai Celah Timor secara penuh dengan cara mengulur-ulur penyelesaian perbatasan kedua negara.

Siapapun boleh berharap, meskipun tidak semua harapan bisa menjadi kenyataan.Seperti halnya Timor-Timur, sampai saat ini sepertinya masih harus berjuang menggapai impian sebagai Negara kaya penghasil minyak. Alih-alih bisa mengikuti jejak Brunai Darusalam. Secara ekonomis, saat ini Timor-Timur masih sangat tergantung pada pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai BBM.
Selain itu, kebijakan pemerintah Timor-Timur yang mengadopsi mata uang Dolar AS sebagai mata uang Negara Timor-Timur, juga mengakibatkan turunnya daya beli rakyat.

Sebuah kemerdekaan memang mahal harganya, apalagi bila kemerdekaan tersebut hanya merupakan ambisi dari segelintir orang-orang tertentu yang terbuai janji-janji dan haus kekuasaan. Dampaknya , saat ini Timor-Timur menduduki peringkat ke-7 dari 10 negara termiskin didunia dengan percapita $800. Inilah 10 negara termiskin di dunia.
1. Malawi 6. Barundi
2. Somalia 7. Timor-Timur
3. Comoros 8. Tanzania
4. Solomon Island 9. Afghanistan
5. Congo 10. Yemen

Sumber : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar