Senin, 14 Juni 2010

Badai dan Kapal

Para pelaut akan merasa sangat senang jika kapal yang mereka awaki masuk ke pelabuhan yang berada di teluk. Posisi pelabuhan seperti ini dianggap yang paling aman. Terlindung dari hembusan badai laut yang selalu menimbulkan gelombang tinggi. Seringkali pelabuhan terpaksa dibangun pada kawasan yang memiliki posisi tidak ideal. Rawan terserang badai dan gelombang tinggi. Pada saat badai terjadi, seringkali kapal yang sedang tambat di dermaga terpaksa diperintahkan untuk melepas tali tambat dan berlabuh agak jauh dari dermaga. Itu untuk keselamatan kapal dan dermaga. Sebab gelombang yang tinggi dan kuat membuat badan kapal dan dermaga menjadi berbenturan dengan sangat kuat. Lambung kapal atau badan dermaga bisa mengalami kerusakan fatal.
Badai dan
 kapalPada saat pertama kali bekerja dan membantu penyandaran kapal tanker di Jetty Loading, saya sempat heran melihat ratusan bangkai ikan berserakan di geladak dan plate tangki kapal tanker. Saat saya bertanya, awak tanker itu bercerita bahwa mereka terpaksa melewati jalur laut yang bergelombang tinggi. Saat itu memang sedang musim badai. Dalam pelayaran hanya bagian anjungan yang sering berada diatas permukaan laut. Tanker berbobot ribuan ton itu pun jadi lebih mirip seperti sebuah kapal selam. Semua pintu deck dan palka ditutup rapat. Jika bukan karena terpaksa, tidak seorang awak kapal pun yang boleh berada di luar kabin. Sebab gelombang besar dan kuat yang naik ke atas geladak bisa membuat mereka terlempar ke laut, hanyut, dan hilang.

Badai dan kapalSecara umum, kondisi gelombang dan cuaca lautan sangat dipengaruhi oleh keadaan angin. Angin yang terlalu kencang (badai) dipastikan akan menyebabkan gelombang pasang. Angin dengan kecepatan yang melebihi 27 knot (50 kilo meter per jam) yang melebihi angka 6 skala Beaufort akan menimbulkan gelombang yang sudah cukup untuk menggoyang kapal berukuran kecil hingga sedang. Situasi ini membuat kapal yang sedang berlayar akan menjauh dari garis pantai agar kapal tidak terseret ke perairan dangkal terlebih bila di kawasan pantai yang berkarang. Lebih baik tergoncang gelombang di tengah laut dari pada menghantam karang dan kandas.

Badai dan kapalPada kapal yang dibangun dengan standard sesuai persyaratan, dipastikan memiliki desain balance yang bagus. Kapal menjadi sulit terguling karena digulung oleh ombak besar. Untuk itu penting memperhatikan bagian tangki balance agar dalam keadan terisi penuh sehingga stabilitet kapal terjaga. Pintu kedap harus dalam keadaan baik karena pintu-pintu itu akan selalu terendam air laut dalam pelayaran yang terpaksa mengambil jalur laut yang penuh dengan gelombang besar dan tinggi. Tidak heran jika telah sampai di pelabuhan tujuan, geladak kapal jadi penuh dengan ikan-ikan yang menggelepar-gelepar.

sumber tulisan : pbase.com, e-dukasi.net, darkroastedblend.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar