Orde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto
di Indonesia.
Orde Baru menggantikan Orde Lama yang merujuk kepada era
pemerintahan Soekarno.
Lahirnya Orde Baru diawali dengan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966. Orde Baru
berlangsung dari tahun 1966
hingga 1998.
Dalam jangka waktu tersebut, ekonomi
Indonesia berkembang pesat meskipun hal ini terjadi bersamaan dengan
praktik korupsi
yang merajalela.
Di kemudian
hari, Supersemar diketahui memiliki beberapa versi. Gambar ini merupakan
Supersemar versi Presiden.
Orde Baru
lahir dari diterbitkannya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar)
pada tahun 1966, yang kemudian menjadi dasar legalitasnya.[1]
Orde Baru bertujuan meletakkan kembali tatanan seluruh kehidupan rakyat,
bangsa, dan negara pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar
1945.[1]
Kelahiran
Supersemar terjadi dalam serangkaian peristiwa pada tanggal 11 Maret 1966. Saat
itu, Sidang Kabinet Dwikora yang disempurnakan yang
dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang berlangsung.[2]
Di tengah acara, ajudan presiden melaporkan
bahwa di sekitar istana terdapat pasukan yang tidak dikenal.[1]
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Presiden Soekarno menyerahkan
pimpinan sidang kepada Wakil Perdana Menteri (Waperdam) II Dr. J. Laimena dan
berangkat menuju Istana Bogor, didampingi oleh Waperdam I Dr
Subandrio, dan Waperdam II Chaerul Saleh.[2]
Dr. J. Laimena sendiri menyusul presiden segera setelah sidang berakhir.[2]
Di tempat
lain, tiga orang perwira tinggi, yaitu Mayor Jenderal Basuki
Rachmat, Brigadir Jenderal M. Yusuf,
dan Brigadir Jenderal Amir Machmud bertemu dengan Letnan Jenderal
Soeharto selaku Menteri Panglima Angkatan Darat dan Panglima Komando Operasi Pemulihan
Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) untuk meminta izin menghadap presiden.[2]
Segera setelah mendapat izin, di hari yang sama tiga perwira tinggi ini datang
ke Istana Bogor dengan tujuan melaporkan kondisi di ibukota Jakarta meyakinkan
Presiden Soekarno bahwa ABRI,
khususnya AD, dalam kondisi siap siaga.[2]
Namun, mereka juga memohon agar Presiden Soekarno mengambil tindakan untuk
mengatasi keadaan ini.[2]
Menanggapi
permohonan ini, Presiden Soekarno mengeluarkan surat perintah yang ditujukan
kepada Letnan Jenderal Soeharto selaku Menteri Panglima Angkatan Darat untuk
mengambil tindakan dalam rangka menjamin keamanan, ketenangan, dan stabilitas
pemerintahan demi keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia.[2]
Perumusan surat perintah ini sendiri dibantu oleh tiga perwira tinggi ABRI,
yaitu Mayor Jenderal Basuki Rachmat, Brigadir Jenderal M. Yusuf, Brigadir
Jenderal Amir Machmud, dan Brigadir Jenderal Subur, Komandan Pasukan
Pengawal Presiden Cakrabirawa.[2]
Surat perintah inilah yang kemudian dikenal sebagai Surat Perintah 11 Maret
1966 atau Supersemar.[2]
Tindak lanjut Supersemar
Letnan
Jenderal Soeharto
Sebagai
tindak lanjut keluarnya Surat Perintah Sebelas Maret, Letnan Jenderal Soeharto
mengambil beberapa tindakan. Pada tanggal 12 Maret 1966, ia mengeluarkan surat
keputusan yang berisi pembubaran dan larangan bagi PKI serta ormas-ormas yang
bernaung dan berlindung atau senada dengannya untuk beraktivitas dan hidup di
wilayah Indonesia.[2]
Keputusan ini kemudian diperkuat dengan Keputusan Presiden/Pangti ABRI
ABRI/Mandataris MPRS No.1/3/1966 tanggal 12 Maret 1966.[3]
Keputusan pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya mendapat sambutan dan dukungan
dari seluruh rakyat karena merupakan salah satu realisasi dari Tritura.[3]
Pada tanggal
18 Maret 1966, Soeharto mengamankan 15 orang menteri yang dinilai tersangkut
dalam G 30 S/PKI dan diragukan etika baiknya yang dituangkan dalam Keputusan
Presiden No. 5 Tanggal 18 Maret 1966.[3]
Ia kemudian memperbaharui Kabinet Dwikora yang disempurnakan dan membersihkan
lembaga legislatif, termasuk MPRS dan DPRGR, dari orang-orang
yang dianggap terlibat G 30 S/PKI.[3]
Keanggotaan PKI dalam MPRS dinyatakan gugur.[3]
Peran dan kedudukan MPRS juga dikembalikan sesuai dengan UUD 1945, yakni di
atas presiden, bukan sebaliknya.[4]
Di DPRGR sendiri, secara total ada 62 orang anggota yang diberhentikan.[3]
Soeharto juga memisahkan jabatan pimpian DPRGR dengan jabatan eksekutif
sehingga pimpinan DPRGR tidak lagi diberi kedudukan sebagai menteri.[3]
Pada tanggal
20 Juni hingga 5 Juli 1955, diadakanlah Sidang Umum IV MPRS dengan hasil
sebagai berikut:
- Ketetapan MPRS No. IX/MPRS/1966 tentang Pengesahan dan Pengukuhan Supersemar.[5]
- Ketetapan MPRS No. X/MPRS/1966 mengatur Kedudukan Lembaga-Lembaga Negara Tingkat Pusat dan Daerah.[5]
- Ketetapan MPRS No. XII/MPRS/1966 tentang Kebijaksanaan Politik Luar Negeri RI Bebas Aktif.[5]
- Ketetapan MPRS No. XIII/MPRS/1966 tentang Pembentukan Kabinet Ampera.[5]
- Ketetapan MPRS No. XIX/MPRS/1966 tentang Peninjauan Kembali Tap. MPRS yang Bertentangan dengan UUD 1945.[5]
- Ketetapan MPRS No. XX/MPRS/1966 tentang Sumber Tertib Hukum RI dan Tata Urutan Perundang-undangan di Indonesia.[5]
- Ketetapan MPRS No. XXV/MPRS/1966 tentang Pembubaran PKI dan Pernyataan PKI dan Ormas-Ormasnya sebagai Organisasi Terlarang di Indonesia.[5]
Hasil dari
Sidang Umum IV MPRS ini menjadi landasan awal tegaknya Orde Baru dan dinilai
berhasil memenuhi dua dari tiga tuntutan rakyat (tritura), yaitu pembubaran PKI
dan pembersihan kabinet dari unsur-unsur PKI.[5]
Pembentukan Kabinet Ampera
Dalam rangka
memenuhi tuntutan ketiga Tritura, Soeharto dengan dukungan Ketetapan MPRS No.
XIII/MPRS/1966 membentuk kabinet baru yang diberi nama Kabinet Ampera.[6]
Tugas utama Kabinet Ampera adalah menciptakan stabilitas ekonomi dan stabilitas
politik, atau dikenal dengan nama Dwidarma Kabinet Ampera. Program kerja yang dicanangkan Kabinet Ampera disebut Caturkarya Kabinet
Ampera, yaitu:
- memperbaiki perikehidupan rakyat terutama di bidang sandang dan pangan;
- melaksanakan pemilihan umum dalam batas waktu seperti tercantum dalam Ketetapan MPRS No. XI/MPRS/1966 (5 Juli 1968);
- melaksanakan politik luar negeri yang bebas dan aktif untuk kepentingan nasional sesuai dengan Ketetapan MPRS No. XI/MPRS/1966;
- melanjutkan perjuangan antiimperialisme dan antikolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya.
Kabinet
Ampera dipimpin oleh Presiden Soekarno, namun pelaksanaannya dilakukan oleh
Presidium Kabinet yang dipimpin oleh Jenderal Soeharto.
Akibatnya, muncul dualisme kepemimpinan yang menjadi kondisi kurang
menguntungkan bagi stabilitas politik saat itu.[6]
Akhirnya
pada 22 Februari 1967, untuk mengatasi situasi konflik yang semakin memuncak
kala itu, Presiden Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada Jenderal Soeharto.[6]
Penyerahan ini tertuang dalam Pengumuman Presiden Mandataris MPRS, Panglima
Tertinggi ABRI Tanggal 20 Februari 1967.[6]
Pengumuman itu didasarkan atas Ketetapan MPRS No. XV/MPRS/1966 yang menyatakan
apabila presiden berhalangan, pemegang Surat Perintah 11 Maret 1966 berfungsi
sebagai pemegang jabatan presiden.[6]
Pada 4 Maret 1967, Jenderal Soeharto memberikan keterangan pemerintah di
hadapan sidang DPRHR mengenai terjadinya penyerahan kekuasaan.[6]
Namun, pemerintah tetap berpendirian bahwa sidang MPRS perlu dilaksanakan agar
penyerahan kekuasaan tetap konstitusional.[6]
Karena itu, diadakanlah Sidang Istimewa MPRS pada tanggal 7-12 Maret 1967 di
Jakarta, yang akhirnya secara resmi mengangkat Soeharto sebagai presiden
Republik Indonesia hingga terpilihnya presiden oleh MPR hasil pemilihan umum.
Kebijakan ekonomi
Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita)
Di awal kekuasaannya,
Pemerintah Orde Baru mewarisi kemerosotan ekonomi yang ditinggalkan oleh
pemerintahan sebelumnya.[7]
Kemerosotan ekonomi ini ditandai oleh rendahnya pendapatan perkapita penduduk Indonesia
yang hanya mencapai 70 dollar AS, tingginya inflasi yang mencapai 65%, serta
hancurnya sarana-sarana ekonomi akibat konflik yang terjadi di akhir
pemerintahan Soekarno.[7]
Untuk
mengatasi kemerosotan ini, pemerintah Orde Baru membuat program jangka pendek
berdasarkan Tap. MPRS No. XXII/MPRS/1966 yang diarahkan kepada pengendalian
inflasi dan usaha rehabilitasi sarana ekonomi, peningkatan kegiatan ekonomi,
dan pencukupan kebutuhan sandang.[8]
Program jangka pendek ini diambil dengan pertimbangan apabila inflasi dapat
dikendalikan dan stabilitas tercapai, kegiatan ekonomi akan pulih dan produksi
akan meningkat.[8]
Mulai tahun
1 April 1969, pemerintah menciptakan landasan untuk pembangunan yang disebut
sebagai Rencana Pembangunan Lima Tahun
(Repelita).[8]
Repelita pertama yang mulai dilaksanakan tahun 1969 tersebut fokus pada
rehabilitasi prasarana penting dan pengembangan iklim usaha dan investasi.[8]
Pembangunan sektor pertanian diberi prioritas untuk memenuhi kebutuhan pangan
sebelum membangun sektor-sektor lain.[8]
Pembangunan antara lain dilaksanakan dengan membangun prasana pertanian seperti
irigasi,
perhubungan, teknologi pertanian, kebutuhan pembiayaan, dan
kredit perbankan.[8]
Petani juga dibantu melalui penyediaan sarana penunjang utama seperti pupuk hingga pemasaran
hasil produksi.[8]
Repelita I
membawa pertumbuhan ekonomi naik dari rata-rata 3% menjadi 6,7% per tahun,
pendapatan perkapita meningkat dari 80 dolar AS menjadi 170 dolar AS, dan
inflasi dapat ditekan menjadi 47,8% pada akhir Repelita I di tahun 1974.[8]
Repelita II (1974-1979) dan Repelita III (1979-1984) fokus pada pencapaian
pertumbuhan ekonomi, stabilitas nasional, dan pemerataan pembangunan dengan
penekanan pada sektor pertanian dan industri yang mengolah bahan mentah menjadi
bahan baku.[8]
Pada tahun 1984, Indonesia berhasil mencapai status swasembada beras dari yang
tadinya merupakan salah satu negara pengimpor beras terbesar di dunia di tahun
1970-an.[8]
Fokus Repelita IV (1984-1989) dan Repelita V (1989-1994), selain berusaha
mempertahankan kemajuan di sektor pertanian, juga mulai bergerak menitikberatkan
pada sektor industri khususnya industri yang menghasilkan barang ekspor,
industri yang menyerap tenaga kerja, industri pengolahan hasil
pertanian, dan industri yang dapat menghasilkan mesin-mesin industri.[9]
Swasembada beras
Sejak awal
berkuasa, pemerintah Orde Baru menitikberatkan fokusnya pada pengembangan
sektor pertanian karena menganggap ketahanan pangan adalah prasyarat utama
kestabilan ekonomi dan politik.[10]
Sektor ini berkembang pesat setelah pemerintah membangun berbagai prasarana
pertanian seperti irigasi dan perhubungan, teknologi pertanian, hingga
penyuluhan bisnis.[10]
Pemerintah juga memberikan kepastian pemasaran hasil produksi melalui lembaga
yang diberi nama Bulog (Badan Urusan Logistik).[10]
Mulai tahun
1968 hingga 1992, produksi hasil-hasil pertanian meningkat tajam.[10]
Pada tahun 1962, misalnya, produksi padi hanya mencapai 17.156 ribu ton.[10]
Jumlah ini berhasil ditingkatkan tiga kali lipat menjadi 47.293 ribu ton pada
tahun 1992, yang berarti produksi beras per jiwa meningkat dari 95,9 kg menjadi
154,0 kg per jiwa.[10]
Prestasi ini merupakan sebuah prestasi besar mengingat Indonesia pernah menjadi
salah satu negara pengimpor beras terbesar di dunia pada tahun 1970-an.[10]
Pemerataan kesejahteraan penduduk
Pemerintah
juga berusaha mengiringi pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan kesejahteraan
penduduk melalui program-program penyediaan kebutuhan pangan, peningkatan gizi,
pemerataan pelayanan kesehatan, keluarga berencana, pendidikan dasar,
penyediaan air bersih, dan pembangunan perumahan sederhana.[10]
Strategi ini dilaksanakan secara konsekuen di setiap pelita.[11]
Berkat usaha ini, penduduk Indonesia berkurang dari angka 60% di tahun 1970-an
ke angka 15% di tahun 1990-an.[11]
Pendapatan perkapita masyarakat juga naik dari yang hanya 70 dolar per tahun di
tahun 1969, meningkat menjadi 600 dolar per tahun di tahun 1993.[10]
Pemerataan
ekonomi juga diiringi dengan adanya peningkatan usia harapan hidup, dari yang
tadinya 50 tahun di tahun 1970-an menjadi 61 tahun di 1992.[10]
Dalam kurun waktu yang sama, angka kematian bayi juga menurun dari 142 untuk
setiap 1.000 kelahiran hidup menjadi 63 untuk setiap 1.000 kelahiran hidup.[10]
Jumlah penduduk juga berhasil dikendalikan melalui program Keluarga Berencana
(KB).[10]
Selama dasawarsa 1970-an, laju pertumbuhan penduduk mencapai 2,3% per tahun.
Pada awal tahun 1990-an, angka tersebut dapat diturunkan menjadi 2,0% per
tahun.[10]
Penataan Kehidupan Politik
Pembubaran PKI dan Organisasi massanya
Dalam rangka
menjamin keamanan, ketenangan, serta stabilitas pemerintahan, Soeharto sebagai
pengemban Supersemar telah mengeluarkan kebijakan:[butuh rujukan]
- Membubarkan PKI pada tanggal 12 Maret 1966 yang diperkuat dengan Ketetapan MPRS No IX/MPRS/1966
- Menyatakan PKI sebagai organisasi terlarang di Indonesia
- Pada tanggal 8 Maret 1966 mengamankan 15 orang menteri yang dianggap terlibat Gerakan 30 September 1965.
Penyederhanaan Partai Politik
Pada tahun 1973 setelah dilaksanakan
pemilihan umum yang pertama pada masa Orde Baru pemerintahan pemerintah melakukan
penyederhaan dan penggabungan (fusi) partai- partai politik menjadi tiga
kekuatan social politik. Penggabungan partai-partai politik tersebut tidak
didasarkan pada kesamaan ideology, tetapi lebih atas persamaan program.
Tigakekuatan social politik itu adalah:[butuh rujukan]
- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan gabungan dari NU, Parmusi, PSII, dan PERTI
- Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang merupakan gabungan dari PNI, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI, dan Parkindo
- Golongan Karya
Penyederhanaan
partai-partai politik ini dilakukan pemerintah Orde Baru dalam upayamenciptakan
stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Pengalaman sejarah pada masa
pemerintahan sebelumnya telah memberikan pelajaran, bahwa perpecahan yang
terjadi dimasa Orde Lama, karena adanya perbedaan ideologi politik dan
ketidakseragaman persepsiserta pemahaman Pancasila sebagai sumber hukum
tertinggi di Indonesia.
Pemilihan Umum
Selama masa
Orde Baru pemerintah berhasil melaksanakan enam kali pemilihan umum, yaitu
tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Dalam setiap Pemilu
yang diselenggarakan selama masa pemerintahan Orde Baru, Golkar selalu
memperoleh mayoritas suara dan memenangkan Pemilu.[butuh rujukan]
Pada Pemilu 1997 yang merupakan pemilu terakhir masa pemerintahan Orde Baru,
Golkar memperoleh 74,51 % dengan perolehan 325 kursi di DPR, dan PPP
memperoleh 5,43 %dengan peroleh 27 kursi.[butuh rujukan]
Dan PDI mengalami kemorosotan perolehan suara hanya mendapat11 kursi. Hal
disebabkan adanya konflik intern di tubuh partai berkepala banteng tersebut,
dan PDI pecah menjadi PDI Suryadi dan PDI Megawati Soekarno Putri yang sekarang
menjadi PDIP
.Penyelenggaraan Pemilu yang teratur selama masa pemerintahan Orde Baru telah
menimbulkan kesan bahwa demokrasi di Indonesia telah berjalan dengan baik.[butuh rujukan]
Apalagi Pemilu berlangsung dengan asas LUBER (langsung, umum, bebas, dan
rahasia). Namun dalamkenyataannya Pemilu diarahkan untuk kemenangan salah satu
kontrestan Pemilu yaituGolkar.Kemenangan Golkar yang selalu mencolok sejak
Pemilu 1971 sampai dengan Pemilu 1997 menguntungkan pemerintah di mana
perimbangan suara di MPR dan DPR didominasi oleh Golkar. Keadaan ini telah
memungkinkan Soeharto menjadi Presiden Republik Indonesia selama enam periode,
karena pada masa Orde Baru presiden dipilih oleh anggota MPR. Selain itu setiap
pertanggungjawaban, rancangan Undang-undang, dan usulan lainnya dari pemerintah
selalu mendapat persetujuan MPR dan DPR tanpa catatan.[butuh rujukan]
Peran Ganda (Dwi Fungsi) ABRI
Untuk
menciptakan stabilitas politik, pemerintah Orde Baru memberikan peran ganda
kepada ABRI, yaitu peran Hankam dan sosial. Peran ganda ABRI ini kemudian
terkenal dengan sebutan Dwi Fungsi ABRI. Timbulnya pemberian peran ganda pada
ABRI karena adanya pemikiran bahwa TNI adalah tentara pejuang dan pejuang tentara.
Kedudukan TNI dan POLRI dalam pemerintahan adalah sama. di MPR dan DPR mereka
mendapat jatah kursi dengan cara pengangkatan tanpa melalui Pemilu.[butuh rujukan]
Pertimbangan pengangkatan anggota MPR/DPR dari ABRI didasarkan pada fungsinya
sebagai stabilitator dan dinamisator.Peran dinamisator sebanarnya telah
diperankan ABRI sejak zaman Perang Kemerdekaan. Waktu itu Jenderal Soedirman
telah melakukannya dengan meneruskan perjuangan, walaupun pimpinan pemerintahan
telah ditahan Belanda. Demikian juga halnya yang dilakukanSoeharto ketika
menyelamatkan bangsa dari perpecahan setelah G 30 S PKI, yangmelahirkankan Orde
Baru. Boleh dikatakan peran dinamisator telah menempatkan ABRI pada posisiyang
terhormat dalam percaturan politik bangsa selama ini.[butuh rujukan]
Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)
Pada tanggal
12 April
1976 Presiden Soeharto
mengemukakan gagasan mengenai pedoman untuk menghayati dan mengamalkan
Pancasila, yang terkenal dengan nama Ekaprasatya Pancakarsa atau
Pedomanan Pengahayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).[butuh rujukan]
Untuk mendukung pelaksanaan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 secara murni dan
konsekuen, maka sejak tahun 1978 pemerintah menyelenggarakan penataran P4 secara
menyeluruh pada semua lapisan masyarakat. Penataran P4 ini bertujuan membentuk
pemahaman yang sama mengenai demokrasi Pancasila, sehingga dengan adanya pemahaman yang
sama terhadap Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 diharapkan persatuan dan
kesatuan nasional akan terbentuk dan terpelihara. Melalui penegasan tersebut
opini rakyat akan mengarah pada dukungan yang kuat terhadap pemerintah Orde
Baru.[butuh rujukan]
Dan sejak tahun 1985
pemerintah menjadikan Pancasila sebagai asas tunggal dan kehidupan
berorganisasi. Semua bentuk organisasi tidak boleh menggunakan asasnya selain Pancasila.
Menolak Pancasila sebagai sebagai asas tunggal merupakan pengkhianatan terhadap
kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian Penataran P4 merupakan suatu
bentuk indoktrinasi
ideologi, dan Pancasila menjadi bagian dari sistem kepribadian, sistem budaya,
dan sistem sosial masyarakat Indonesia. Pancasila merupakan prestasi tertinggi
Orde Baru, dan oleh karenanya maka semua prestasi lainnya dikaitkan dengan nama
Pancasila. Mulai dari sistem ekonomi Pancasila, pers Pancasila, hubungan
industri Pancasila, demokrasi Pancasila, dan sebagainya. Dan Pancasila dianggap
memiliki kesakralan (kesaktian) yang tidak boleh diperdebatkan.[butuh rujukan]
Penataan Politik Luar Negeri
Pada masa
Orde Baru politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif kembali dipulihkan.
Dan MPR mengeluarkan sejumlah ketetapan yang menjadi landasan politik luar
negeri Indonesia. Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia harus didasarkan
pada kepentingannasional, seperti pembangunan nasional, kemakmuran rakyat,
kebenaran, serta keadilan.[butuh rujukan]
Kembali menjadi anggota PBB
Pada tanggal
28 September
1966 Indonesia kembali
menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Keputusan untuk kembali
menjadi anggota PBB dikarenakan pemerintah sadar bahwa banyak manfaat yang
diperoleh Indonesia selama menjadi anggota pada tahun 1955-1964.[butuh rujukan]
Kembalinya Indonesia menjadi anggota PBB disambut baik oleh negara-negara Asia
lainnya bahkan oleh PBB sendiri. Hal ini ditunjukkan dengan dipilihnya Adam Malik
sebagai Ketua Majelis Umum PBB untuk masa siding tahun 1974. Dan Indonesia juga
memulihkanhubungan dengan sejumlah negara seperti India, Thailand,
Australia,
dan negara-negara lainnya yang sempat renggang akibat politik konfrontasi Orde
Lama.
Normalisasi Hubungan dengan Negara lain
Pemulihan Hubungan dengan Singapura
Dengan
perantaraan Dubes Pakistan untuk Myanmar, Habibur Rachman, hubungan
Indonesia dengan Singapura berhasil dipulihkan kembali.[butuh rujukan]
Pada tanggal 2 Juni
1966 pemerintah Indonesia menyampaikan nota pengakuan atas Republik Singapura
kepada Perdana Menteri Lee Kuan Yew.[butuh rujukan]
Dan pemerintah Singapura menyampaikan nota jawaban kesediaan untuk mengadakan
hubungan diplomatik dengan Indonesia.
Pemulihan Hubungan dengan Malaysia
Penandatanganan
persetujuan normalisasi hubungan Indonesia-Malaysia
Normalisasi
hubungan Indonesia dengan Malaysia dimulai dengan diadakannya perundingan di
Bangkok pada 29 Mei- 1 Juni 1966 yang menghasilkan Perjanjian Bangkok.
Isi perjanjian tersebut adalah:[butuh rujukan]
- Rakyat Sabah diberi kesempatan menegaskan kembali keputusan yang telah merekaambil mengenai kedudukan mereka dalam Federasi Malaysia.
- Pemerintah kedua belah pihak menyetujui pemulihan hubungan diplomatik.
- Tindakan permusuhan antara kedua belah pihak akan dihentikan.
Dan pada
tanggal 11 Agustus 1966 penandatangan persetujuan pemulihan hubungan
Indonesia-Malaysia ditandatangani di Jakarta oleh Adam Malik
(Indonesia) dan Tun Abdul Razak (Malaysia).
Pembekuan Hubungan dengan RRT
Pada tanggal
1 Oktober 1967 Pemerintantah Republik Indonesia membekukan hubungan diplomatik
dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Keputusan
tersebut dilakukan karena RRT telah mencampuri urusan dalam negeri Indonesia
dengan cara memberikan bantuan kepada G 30 S PKI baik untuk persiapan,
pelaksanaan, maupun sesudah terjadinya pemberontakan
tersebut.[butuh rujukan]
Selain itu pemerintah Indonesia merasa kecewa dengan tindakan teror yang
dilakukan orang-orang Cina terhadap gedung, harta, dan anggota-anggota
Keduataan Besar Republik Indonesia di Peking. Pemerintah RRT juga telah
memberikan perlindungan kepada tokoh-tokoh G 30 S PKI di luar negeri, serta
secara terang-terangan menyokong bangkitnya kembali PKI. Melalui media
massanya RRT telah melakukan kampanye menyerang Orde Baru. Dan pada 30 Oktober
1967 Pemerintah Indonesia secara resmi menutup Kedutaan Besar di Peking.[butuh rujukan]
Penataan Kehidupan Ekonomi
Stabilisasi dan Rehabilitasi Ekonomi
Untuk
mengatasi keadaan ekonomi
yang kacau sebagai peninggalan pemerintah Orde Lama, pemerintah Orde Baru
melakukan langkah-langkah:
- Memperbaharui kebijakan ekonomi, keuangan, dan pembangunan. Kebijakan ini didasari oleh Ketetapan MPRS No. XXIII/MPRS/1966.[butuh rujukan]
- MPRS mengeluarkan garis program pembangunan, yakni program penyelamatan, program stabilisasi dan rehabilitasi.
Program
pemerintah diarahkan pada upaya penyelamatan ekonomi nasional, terutama
stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi. Yang dimaksud dengan stabilisasi ekonomi
berarti mengendalikan inflasi agar harga barang-barang tidak melonjak terus.
Dan rehabilitasi ekonomi adalah perbaikan secara fisik sarana dan prasarana
ekonomi. Hakikat dari kebijakan ini adalah pembinaan sistem ekonomi berencana
yang menjamin berlangsungnya demokrasi ekonomi ke arah terwujudnya masyarakat adil
dan makmur berdasarkan Pancasila. Langkah-langkah yang diambil Kabinet Ampera
yang mengacu pada Ketetapan MPRS tersebut adalah:
- Mendobrak kemacetan ekonomi dan memperbaiki sektor-sektor yang menyebabkan kemacetan. Adapun yang menyebabkan terjadinya kemacetan ekonomi tersebut adalah:
- Rendahnya penerimaan negara.
- Tinggi dan tidak efisiennya pengeluaran negara.
- Terlalu banyak dan tidak efisiennya ekspansi kredit bank.
- Terlalu banyak tunggakan hutang luar negeri.
- Penggunaan devisa bagi impor yang sering kurang berorientasi pada kebutuhan prasarana.
- Debirokrasi untuk memperlancar kegiatan perekonomian
- Berorientasi pada kepentingan produsen kecil
Untuk
melaksanakan langkah-langkah penyelamatan tersebut, maka pemerintah Orde Baru
menempuh cara-cara :[butuh rujukan]
- Mengadakan operasi pajak
- Melaksanakan sistem pemungutan pajak baru, baik bagi pendapatan perorangan maupun kekayaan dengan cara menghitung pajak sendiri dan menghitung pajak orang.
- Menghemat pengeluaran pemerintah (pengeluaran konsumtif dan rutin), serta menghapuskan subsidi bagi perusahaan Negara.
- Membatasi kredit bank dan menghapuskan kredit impor.
Program stabilsasi ini dilakukan
dengan cara membentung laju inflasi. Dan pemerintah Orde Baru berhasil
membendung laju inflasi
pada akhir tahun 1967-1968, tetapi harga bahan
kebutuhan pokok naik melonjak. Sesudah dibentuk Kabinet Pembangunan pada bulan
Juli 1968, pemerintah mengalihkan kebijakan ekonominya pada pengendalian yang
ketat terhadap gerak harga barang khususnya sandang, pangan, dan kurs valuta asing. Sejak saat itu ekonomi
nasional relatif stabil, sebab kenaikan harga bahan-bahan pokok dan valuta
asing sejak tahun 1969 dapat dikendalikan pemerintah.[butuh rujukan]
Program rehabilitasi
dilakukan dengan berusaha memulihkan kemampuan berproduksi. Selama sepuluh
tahun terakhir masa pemerintahan Orde Lama, Indonesia mengalami kelumpuhan dan
kerusakan pada prasarana social dan ekonomi. Lembaga perkreditan desa, gerakan
koperasi, dan perbankan disalahgunakan dan dijadikan alat kekuasaan oleh
golongan dan kelompok kepentingan tertentu. Dampaknya lembaga (negara) tidak
dapat melaksanakan fungsinya sebagai penyusun perbaikan tata kehidupan rakyat.[butuh rujukan]
Kerjasama Luar Negeri
- Pertemuan Tokyo
Selain
mewariskan keadaan ekonomi yang sangat parah, pemerintahan Orde Lama juga
mewariskan utang luar negeri yang sangat besar yakni mencapai 2,2-2,7 miliar,
sehingga pemerintah Orde Baru meminta negara-negara kreditor untuk dapat
menunda pembayaran kembali utang Indonesia. Pada tanggal 19-20 September
1966 pemerintah Indonesia
mengadakan perundingan dengan negara-negara kreditor di Tokyo.[butuh rujukan]
Pemerintah Indonesia akan melakukan usaha bahwa devisa ekspor yang diperoleh
Indonesia akan digunakan untuk membayar utang yang selanjutnya akan dipakai
untuk mengimpor bahan-bahan baku. Hal ini mendapat tanggapan baik dari
negara-negara kreditor. Perundinganpun dilanjutkan di Paris, Perancis
dan dicapai kesepakatan sebagai berikut[butuh rujukan]
- Pembayaran hutang pokok dilaksanakan selama 30 tahun, dari tahun 1970 sampai dengan 1999.
- Pembayaran dilaksanakan secara angsuran, dengan angsuran tahunan yang sama besarnya.
- Selama waktu pengangsuran tidak dikenakan bunga.
- Pembayaran hutang dilaksanakan atas dasar prinsip nondiskriminatif, baik terhadap negara kreditor maupun terhadap sifat atau tujuan kredit.
- Pertemuan Amsterdam
Pada tanggal
23-24 Februari 1967
diadakan perundingan di Amsterdam, Belanda yang bertujuan membicarakan kebutuhan Indonesia akan
bantuan luar negeri serta kemungkinan pemberian bantuan dengan syarat lunas,
yang selanjutnya dikenal dengan IGGI (Intergovernmental Group for Indonesia).
Pemerintah Indonesia mengambil langkah tersebut untuk memenuhi kebutuhannya
guna pelaksanaan program-program stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi serta
persiapan-persiapan pembangunan.[butuh rujukan]
Di samping mengusahakan bantuan luar negeri tersebut, pemerintah juga berusaha
dan telah berhasil mengadakan penangguhan serta memperingan syarat-syarat
pembayaran kembali (rescheduling) hutang-hutang peninggalan Orde Lama.[butuh rujukan]
Melalui pertemuan tersebut pemerintah Indonesia berhasil mengusahakan bantuan
luar negeri.
Pembangunan Nasional
Setelah
berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, maka langkah selanjutnya
yang ditempuh pemerintah Orde Baru adalah melaksanakan pembangunan nasional.
Pembangunan nasional yang diupayakan pemerintah waktu itu direalisasikan melalui
Pembangunan Jangka pendek dan Pembangunan Jangka Panjang.[butuh rujukan]
Pambangunan Jangka Pendek dirancang melalui Pembangunan Lima Tahun (Pelita).
Setiap Pelita memiliki misi pembangunan dalam rangka mencapai tingkat
kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sedangkan Pembangunan Jangka Panjang
mencakup periode 25-30 tahun. Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya
pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan
masyarakat, bangsa, dan Negara. Pembangunan nasional dilaksanakan dalam upaya
mewujudkan tujuan nasional yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 yaitu:[butuh rujukan]
- Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah Indonesia
- Meningkatkan kesejahteraan umum
- Mencerdaskan kehidupan bangsa
- Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
Pelaksanaan
Pembangunan Nasional yang dilaksanakan pemerintah Orde Baru berpedoman pada
Trilogi Pembangunan dan Delapan jalur Pemerataan. Inti dari kedua pedoman
tersebut adalah kesejahteraan bagi semua lapisan masyarakat dalam suasana
politik dan ekonomi yang stabil. Isi Trilogi Pembangunan adalah :[butuh rujukan]
- Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
- Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
- Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
Dan Delapan
Jalur Pemerataan yang dicanangkan pemerintah Orde Baru adalah:[butuh rujukan]
- Pemerataan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat khususnya pangan, sandang dan perumahan.
- Pemerataan memperoleh kesempatan pendidikan dan pelayanan kesehatan
- Pemerataan pembagian pendapatan.
- Pemerataan kesempatan kerja
- Pemerataan kesempatan berusaha
- Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya bagi generasi muda dan kaum wanita.
- Pemerataan penyebaran pembangunan di seluruh wilayah Tanah Air
- Pemerataan kesempatan memperoleh keadilan.
- Pelaksanaan Pembangunan Nasional
Seperti
telah disebutkan di muka bahwa Pembangunan nasional direalisasikan melalui
Pembangunan Jangka Pendek dan Pembangunan Jangka Panjang. Dan Pembangunan
Jangka Pendek dirancang melalui program Pembangunan Lima Tahun (Pelita). Selama
masa Orde Baru, pemerintah telah melaksanakan enam Pelita yaitu:[butuh rujukan]
·
- Pelita I
Pelita I
dilaksanakan mulai 1 April 1969 sampai 31 Maret 1974, dan menjadi landasan awal pembangunan masa Orde Baru.
Tujuan Pelita I adalah meningkatkan taraf hidup rakyat dan sekaligus meletakkan
dasar-dasar bagi pembangunan tahap berikutnya. Sasarannya adalah pangan,
sandang, perbaikan prasarana perumahan rakyat, perluasan lapangan kerja, dan
kesejahteraan rohani. Titik beratnya adalah pembangunan bidang pertanian sesuai
dengan tujuan untuk mengejar keterbelakangan ekonomi melalui proses pembaharuan
bidang pertanian, karena mayoritas penduduk Indonesia masih hidup dari hasil
pertanian.[butuh rujukan]
·
- Pelita II
Pelita II
mulai berjalan sejak tanggal 1 April 1974 sampai 31 Maret 1979. Sasaran utama Pelita
II ini adalah tersedianya pangan, sandang, perumahan, sarana prasarana, mensejahterakan
rakyat, dan memperluas kesempatan kerja. Pelaksanaan Pelita II dipandang cukup
berhasil. Pada awal pemerintahan Orde Baru inflasi mencapai 60% dan pada akhir
Pelita I inflasi berhasil ditekan menjadi 47%. Dan pada tahun keempat Pelita II
inflasi turun menjadi 9,5%.[butuh rujukan]
·
- Pelita III
Pelita III
dilaksanakan pada tanggal 1 April 1979 sampai 31 Maret 1984.[butuh rujukan]
Pelaksanaan Pelita III masih berpedoman pada Trilogi Pembangunan, dengan titik
berat pembangunan adalah pemerataan yang dikenal dengan Delapan Jalur
Pemerataan.
·
- Pelita IV
Pelita IV
dilaksanakan tanggal 1 April 1984 sampai 31 Maret 1989. Titik berat Pelita
IV ini adalah sektor pertanian untuk menuju swasembada pangan, dan
meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri
sendiri. Dan di tengah berlangsung pembangunan pada Pelita IV ini yaitu awal
tahun 1980
terjadi resesi.[butuh rujukan]
Untuk mempertahankan kelangsungan pembangunan ekonomi, pemerintah mengeluarkan
kebijakan moneter dan fiskal. Dan pembangunan nasional dapat berlangsung terus.
·
- Pelita V
Pelita V
dimulai 1 April 1989
sampai 31 Maret 1994.
Pada Pelita ini pembangunan ditekankan pada sector pertanian dan industri. Pada
masa itu kondisi ekonomi Indonesia berada pada posisi yang baik, dengan
pertumbuhan ekonomi sekitar 6,8% per tahun.[butuh rujukan]
Posisi perdagangan luar negeri memperlihatkan gambaran yang menggembirakan.
Peningkatan ekspor lebih baik dibanding sebelumnya.
·
- Pelita VI
Pelita VI
dimulai 1 April 1994
sampai 31 Maret 1999.
Program pembangunan pada Pelita VI ini ditekankan pada sektor ekonomi yang
berkaitan dengan industri dan pertanian, serta peningkatan kualitas sumber daya
manusia sebagai pendukungnya. Sektor ekonomi dipandang sebagai penggerak
pembangunan.[butuh rujukan]
Namun pada periode ini terjadi krisis
moneter yang melanda negara-negara Asia Tenggara
termasuk Indonesia.
Karena krisis moneter dan peristiwa politik dalam negeri yang mengganggu
perekonomian telah menyebabkan proses pembangunan terhambat, dan juga
menyebabkan runtuhnya pemerintahan Orde Baru.
Warga Tionghoa
Warga
keturunan Tionghoa
juga dilarang berekspresi. Sejak tahun 1967, warga keturunan dianggap sebagai
warga negara asing di Indonesia dan kedudukannya berada di bawah warga pribumi,
yang secara tidak langsung juga menghapus hak-hak asasi mereka. Kesenian barongsai
secara terbuka, perayaan hari raya Imlek, dan pemakaian Bahasa
Mandarin dilarang, meski kemudian hal ini diperjuangkan oleh
komunitas Tionghoa Indonesia terutama dari komunitas pengobatan Tionghoa
tradisional karena pelarangan sama sekali akan berdampak pada resep obat yang
mereka buat yang hanya bisa ditulis dengan bahasa Mandarin.[butuh rujukan]
Mereka pergi hingga ke Mahkamah Agung dan akhirnya Jaksa Agung Indonesia waktu
itu memberi izin dengan catatan bahwa Tionghoa Indonesia berjanji tidak
menghimpun kekuatan untuk memberontak dan menggulingkan pemerintahan Indonesia.
Satu-satunya
surat kabar berbahasa Mandarin yang diizinkan terbit adalah Harian Indonesia yang
sebagian artikelnya ditulis dalam bahasa Indonesia. Harian ini dikelola dan
diawasi oleh militer Indonesia dalam hal ini adalah ABRI meski beberapa orang
Tionghoa Indonesia bekerja juga di sana. Agama tradisional Tionghoa dilarang.
Akibatnya agama Konghucu kehilangan pengakuan pemerintah.
Pemerintah
Orde Baru berdalih bahwa warga Tionghoa yang populasinya ketika itu mencapai
kurang lebih 5 juta dari keseluruhan rakyat Indonesia dikhawatirkan akan
menyebarkan pengaruh komunisme di Tanah Air.[butuh rujukan]
Padahal, kenyataan berkata bahwa kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai
pedagang, yang tentu bertolak belakang dengan apa yang diajarkan oleh
komunisme, yang sangat mengharamkan perdagangan dilakukan[butuh rujukan].
Orang
Tionghoa dijauhkan dari kehidupan politik praktis. Sebagian lagi memilih untuk
menghindari dunia politik karena khawatir akan keselamatan dirinya.[butuh rujukan]
Konflik Perpecahan Pasca Orde Baru
Di masa Orde
Baru pemerintah sangat mengutamakan persatuan bangsa Indonesia. Setiap hari
media massa seperti radio
dan televisi
mendengungkan slogan "persatuan dan kesatuan bangsa". Salah satu cara
yang dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan transmigrasi
dari daerah yang padat penduduknya seperti Jawa, Bali dan Madura
ke luar Jawa, terutama ke Kalimantan, Sulawesi, Timor Timur, dan Irian Jaya.[butuh rujukan]
Namun dampak negatif yang tidak diperhitungkan dari program ini adalah
terjadinya marjinalisasi terhadap penduduk setempat dan kecemburuan terhadap
penduduk pendatang yang banyak mendapatkan bantuan pemerintah. Muncul tuduhan
bahwa program transmigrasi sama dengan jawanisasi yang sentimen
anti-Jawa di berbagai daerah, meskipun tidak semua transmigran itu orang Jawa.
Pada awal Era Reformasi konflik laten ini meledak
menjadi terbuka antara lain dalam bentuk konflik Ambon dan konflik Madura-Dayak di
Kalimantan.[12]
Sementara itu gejolak di Papua yang dipicu oleh rasa diperlakukan tidak adil dalam
pembagian keuntungan pengelolaan sumber alamnya, juga diperkuat oleh
ketidaksukaan terhadap para transmigran.
Kelebihan sistem Pemerintahan Orde Baru
- Perkembangan GDP per kapita Indonesia yang pada tahun 1968 hanya AS$70 dan pada 1996 telah mencapai lebih dari AS$1.565[butuh rujukan]
- Sukses transmigrasi
- Sukses KB
- Sukses memerangi buta huruf
- Sukses swasembada pangan
- Pengangguran minimum
- Sukses REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun)
- Sukses Gerakan Wajib Belajar
- Sukses Gerakan Nasional Orang-Tua Asuh
- Sukses keamanan dalam negeri
- Investor asing mau menanamkan modal di Indonesia
- Sukses menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta produk dalam negeri[butuh rujukan]
Kekurangan Sistem Pemerintahan Orde Baru
- Semaraknya korupsi, kolusi, nepotisme
- Pembangunan Indonesia yang tidak merata dan timbulnya kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah, sebagian disebabkan karena kekayaan daerah sebagian besar disedot ke pusat
- Munculnya rasa ketidakpuasan di sejumlah daerah karena kesenjangan pembangunan, terutama di Aceh dan Papua
- Kecemburuan antara penduduk setempat dengan para transmigran yang memperoleh tunjangan pemerintah yang cukup besar pada tahun-tahun pertamanya
- Bertambahnya kesenjangan sosial (perbedaan pendapatan yang tidak merata bagi si kaya dan si miskin)
- Pelanggaran HAM kepada masyarakat non pribumi (terutama masyarakat Tionghoa)
- Kritik dibungkam dan oposisi diharamkan
- Kebebasan pers sangat terbatas, diwarnai oleh banyak koran dan majalah yang dibredel
- Penggunaan kekerasan untuk menciptakan keamanan, antara lain dengan program "Penembakan Misterius"
- Tidak ada rencana suksesi (penurunan kekuasaan ke pemerintah/presiden selanjutnya)
- Menurunnya kualitas birokrasi Indonesia yang terjangkit penyakit Asal Bapak Senang, hal ini kesalahan paling fatal Orde Baru karena tanpa birokrasi yang efektif negara pasti hancur.[butuh rujukan]
- Menurunnya kualitas tentara karena level elit terlalu sibuk berpolitik sehingga kurang memperhatikan kesejahteraan anak buah.
- Pelaku ekonomi yang dominan adalah lebih dari 70% aset kekayaaan negara dipegang oleh swasta
- Dan Lain Sebagainja
Krisis finansial Asia
Pada
pertengahan 1997, Indonesia diserang krisis keuangan dan ekonomi Asia (untuk
lebih jelas lihat: Krisis finansial Asia), disertai kemarau
terburuk dalam 50 tahun terakhir dan harga minyak, gas dan komoditas ekspor
lainnya yang semakin jatuh.[butuh rujukan] Rupiah jatuh,
inflasi meningkat tajam, dan perpindahan modal dipercepat. Para demonstran,
yang awalnya dipimpin para mahasiswa, meminta pengunduran diri Soeharto. Di
tengah gejolak kemarahan massa yang meluas, Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei
1998, tiga bulan setelah
MPR melantiknya untuk masa bakti ketujuh.[butuh rujukan]
Soeharto kemudian memilih sang Wakil Presiden, B. J. Habibie,
untuk menjadi presiden ketiga Indonesia.
Pasca-Orde Baru
Mundurnya Soeharto
dari jabatannya pada tahun 1998 dapat dikatakan sebagai tanda akhirnya Orde Baru, untuk
kemudian digantikan "Era Reformasi".[butuh rujukan]
Masih adanya tokoh-tokoh penting pada masa Orde Baru di jajaran pemerintahan
pada masa Reformasi ini sering membuat beberapa orang mengatakan bahwa Orde
Baru masih belum berakhir. Oleh karena itu Era Reformasi atau Orde Reformasi
sering disebut sebagai "Era Pasca Orde Baru".
Meski
diliputi oleh kerusuhan etnis dan lepasnya Timor Timur,
transformasi dari Orde Baru ke Era Reformasi berjalan relatif lancar
dibandingkan negara lain seperti Uni Soviet
dan Yugoslavia.[butuh rujukan]
Hal ini tak lepas dari peran Habibie yang berhasil meletakkan pondasi baru yang terbukti
lebih kokoh dan kuat menghadapi perubahan zaman.
Tanggal
11 Maret 1966 Sukarno mengeluarkan surat perintah dan dibawa oleh tiga
jenderal untuk disampaikan kepada Suharto. Maksud dikeluarkannya surat
itu adalah untuk menugaskan Suharto mengamankan situasi, namun kemudian
berubah, bahwa surat itu seakan cek kosong yang dapat diisi apa saja
termasuk pemindahan kekuasaan dari Sukarno kepada Suharto. Teks asli
surat perintah itu sendiri sampai kini belum ditemukan.
Peralihan kekuasaan ini oleh beberapa kalangan disebut dengan istilah “kudeta merangkak” (creeping coup)
yang dilakukan oleh Suharto. Sebuah kudeta biasanya dilakukan secara
cepat dan tidak terduga. Namun, kudeta ini dilakukan secara bertahap.
Ada yang mengatakan bahwa “kudeta merangkak” ini
terdiri dari beberapa tahap, di antaranya Subandrio melihat empat
tahap. Tahap pertama, menyingkirkan para jenderal pesaing Suharto
tanggal 1 Oktober 1965; tahap kedua, memperoleh Supersemar (akronim dari
Surat Perintah 11 Maret) yang kemudian dijadikan dasar pembubaran PKI
tanggal 12 Maret 1966; tahap ketiga, penangkapan 15 menteri yang pro
Sukarno tanggal 18 Maret 1966,dan tahap keempat mengambil alih kekuasaan
dari Sukarno.
Bersamaan
dengan itu MPRS pun melakukan apa yang disebut oleh Adam “kudeta
merangkak” MPRS. MPRS berperan besar secara yuridis untuk memindahkan
kekuasaan dari Sukarno kepada Suharto. Namun MPRS itu sendiri akhirnya
dibubarkan.
Jenderal
Suharto setelah peristiwa G 30 S melakukan pembersihan terhadap seluruh
kekuatan PKI. Orang-orang atau kelompok yang terkait dengan organisasi
tersebut pun tidak luput dari pembasmian.
Periode
setelah tumbangnya pemerintahan Sukarno disebut dengan “Orde Baru”
untuk membedakannya dengan “Orde Lama”. Orde Baru didukung oleh banyak
kelompok yang ingin terbebas dari kekacauan masa lalu.5 Dukungan itu
dari kaum intelektual dan dari para mahasiswa.
Periode
antara tahun 1965-1975 dipandang oleh para pengamat, baik dalam maupun
luar negeri secara beragam, seperti dikatakan oleh Ricklefs. Dari sayap
kanan memuji pemerintahan Suharto karena mampu membasmi PKI dan
mengadopsi kebijakan pro –Barat. Namun, sayap kiri sebaliknya, di
samping memuji pemerintahan Suharto karena mampu menyeimbangkan ekonomi,
dan juga mengutuk buruknya catatan hak asasi manusia dan korupsi
pemerintahan tersebut.
Ricklefs
lebih lanjut mengatakan bahwa, terdapat persamaan antara kebijakan Orde
Baru dengan kebijakan kolonial pada periode politik etis. Sebagaimana
pemerintah kolonial Belanda dahulu, Orde Baru juga berjanji akan
membangun ekonomi nasional dan meningkatkan taraf pendidikan dan
kesejahteraan. Orde Baru memang dapat membangun ekonomi nasional, namun
tidak dapat meningkatkan taraf pendidikan dan kesejahteraan. Sebagian
besar pembangunan ekonomi nasional bergantung pada perusahaan asing dan
hanya terjadi pertumbuhan kecil pada industri pribumi.7 Namun, ketika
modal asing yang masuk masih kurang pemerintah memanfaatkan “modal asing
domestik”, dari para pengusaha Tionghoa.
Berkaitan
dengan Islam, gagasan Snouck Hurgronje mengenai Islam masih dianggap
penting, karena Orde Baru juga menghormati Islam sebagai praktek agama
secara pribadi, namun tidak memberi kesempatan untuk menjadi kekuatan
politik, sebagaimana pada masa awal ketika aktivis Islam dan tentara
pro- Suharto berhasil membasmi PKI dan menyingkirkan Sukarno.
Untuk
mengamankan kekuasaan penguasa Orde Baru merekrut orang-orang yang
loyal terhadapnya, terutama dari kalangan militer. Pimpinan mulai dari
tingkat pusat hingga daerah banyak diisi oleh kalangan militer.10 Hampir
semua lini ia kendalikan, mulai dari ekonomi, politik, sosial sampai
budaya. Namun, tentu saja karena hal itu, beberapa intelektual kritis
bergerak melalui celah yang tidak dapat diawasi oleh penguasa.
Dalam
bidang ekonomi, Orde Baru mewarisi hutang yang banyak yang membuat
negeri ini nyaris menuju jurang kehancuran. Negara tidak mampu membayar
hutang luar negeri sebesar US$ 2,4 miliar, hiperinflasi sampai 600
persen, produksi industri di bawah 20 persen dari kapasitas, pelayaran,
alat transportasi air, kereta api, dan jalan raya, selain itu seluruh
kontrol pemerintah terhadap ekonomi digerogoti korupsi yang menjalar ke
segala arah.
Untuk
menyelesaikan masalah itu Jenderal Suharto melihat kepada kelompok
ekonom muda dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) untuk
mendapatkan berbagai saran. Para ekonom itu di antaranya Widjojo, Ali
Wardhana, Muhammad Sadeli, Subroto dan Emil Salim. Hubungan mereka
terjalin ketika Suharto di Bandung mengikuti kursus ilmu ekonomi dan
ilmu pengetahuan sosial lainnya pada Sekolah Staf dan Komando AD. Para
ekonom ini yang akhirnya menjadi penasehat ahli ekonomi Orde Baru untuk
menangani masalah ekonomi yang serius dan mereka sering disebut sebagai
“Mafia Berkeley” (karena banyak di antara mereka lulusan Universitas of California, Berkeley).13
Dalam
mengambil kebijakan berkaitan dengan ekonomi Orde Baru mengandalkan
bantuan luar negeri terutama dari barat, yang bertolak belakang dengan
kebijakan pemerintahan sebelumnya yang mengambil sikap anti-barat, yang
digaungkan Presiden Sukarno dengan “go to hell with your aid”.
Memang sejak awal Orde Baru menyadari untuk mengubah sikap anti-barat
dan hal ini tercermin pada kebijakan perdagangan dan investasi luar
negeri yang liberal.
Melihat
sikap Indonesia yang telah meninggalkan kebijakan anti-barat dan
antikapitalis direspon positif oleh komunitas bantuan internasional.
Indonesia meminta untuk menjadwal kembali hutang luar negeri dan
memperoleh bantun luar negeri baru. Oleh karena itu pada Desember 1966,
di Paris, wakil pemerintah setuju dengan negara-negara Barat dan Jepang
untuk menjadwal ulang hutang luar negeri Indonesia yang telah jatuh
tempo kepada negara-negara itu. Untuk itu atas prakarsa Belanda pada
tahun 1967 dibentuklah konsorsium bantuan luar negeri internasional
untuk Indonesia yang diketuai Belanda, Inter-Governmental Group on
Indonesia (IGGI).
Menanggapi
kebijakan pemerintah, mahasiswa berdemontrasi untuk menolak modal
asing. Puncaknya ketika kedatangan PM Jepang Kakuei Tanaka ke Jakarta,
pada 14-17 Januari 1974. Demontrasi disertai kerusuhan, pembakaran dan
penjarahan. Banyak korban meninggal, luka-luka dan sebagian ditangkap.
Kekerasan ini untuk selanjutnya terus mengiringi rezim Orde Baru.
Sementara
tim ekonomi melaksanakan program stabilitasi dan rehabilitasi dengan
hasil yang mengesankan. Keadaan ekonomi yang mengalami hiperinflasi
secara perlahahan dapat dikendalikan dengan kebijakan fiskal dan moneter
yang ketat. Hal ini terlihat dari turunnya inflasi dari 636 persen pada
tahun 1966 menjadi sekitar 9 persen pada tahun 1970. Pertumbuhan yang pesat ini dapat dipertahankan sampai sekitar tiga dasawarsa.17
Namun
pertumbuhan ekonomi yang pesat itu, seperti kebanyakan negara-negara
Asia Timur lainnya, berlangsung di bawah pemerintahan Orde Baru yang
sentralistik, otoriter, dan semakin represif. Pemimpin dengan
menjalankan pemerintahan semacam itu sering berdalih, bahwa pembangunan
ekonomi tidak mungkin berlangsung baik dalam suasana yang kacau dan
partai-partai politik umumnya saling ribut, hanya memikirkan politik dan
tidak memikirkan kepentingan nasional.18
Pertumbuhan
ekonomi yang pesat dan berkesinambungan di masa Orde Baru itu adalah
berkat kemampuan para teknokrat ekonomi menjaga kestabilan makroekonomi.
Akan tetapi, pada awal tahun 1990-an, disiplin kestabilan ketat itu,
yang telah dijaga oleh para teknokrat ekonomi sejak akhir 1960-an, mulai
merosot. Hal ini terlihat dari non-anggaran, yakni transaksi pemerintah
yang tidak tercantum dalam anggaran resmi pemerintah. Transaksi
keuangan ini mencakup lembaga-lembaga semi-pemerintah, seperti Badan
Urusan Logistik dan BUMN. Terutama untuk lembaga-lembaga yang tidak
sehat, perusahaan-perusahaan para pengusaha kroni serta keluarga.
Pada
masa Orde Baru banyak terjadi pembatasan dan pelarangan terhadap
masyarakat. Partai-partai yang di zaman Sukarno bebas berdiri, pada masa
Orde Baru dipaksa dibatasi hanya tiga partai, yakni Golongan Karya
(Golkar) sebagai partai pemerintah, yang lainnya Partai Persatuan
Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada tahun
1973.20 Banyak kalangan yang mengritik kebijakan pemerintah ini, namun
mereka yang mencoba bersuara segera dicekal, seperti yang terjadi pada
Kelompok Petisi 50.
Selain
itu, banyak kegiatan masyarakat dibatasi, yang diangap berisi
membahayakan dan merongrong kewibawaan pemerintah. Bahasa masyarakat
disensor, dan sebaliknya penguasa menggunakan bahasa yang dianggap
tertib.22 Juga buku-buku yang dianggap berisi ajaran komunis dilarang,
termasuk karya-karya sastra.
Soal
pelarangan ini, zaman Orde Lama terjadi pelarangan terutama menjelang
akhir masa pemerintahan, seperti yang dilakukan oleh organ-organ PKI
yakni Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Mereka berusaha mendorong
pemerintah melarang buku dan mengintimidasi para pengarangnya yang tidak
sealiran dan tidak mau diajak dengan mereka.
Setelah
Orde Lama tumbang, pelarangan masih berlanjut, namun yang dilarang
buku-buku yang dianggap berisi ajaran komunis, kebanyakan pengarang yang
tergabung dalam Lekra.25 Sementara pengarangnya banyak yang
dipenjarakan dan dibuang ke pulau Buru.
Antara
tahun 1980 hingga 1990-an mulai banyak kritik bermunculan yang
ditujukan kepada pemerintah di antara dari kalangan mahasiswa. Mereka
menginginkan pemerintahan Orde Baru yang bebas dari korupsi. Protes
mahasiswa itu dijawab pemerintah dengan menangkapi berberapa mahasiswa,
divonis dan dipenjarakan.26 Banyak Media massa dihentikan yang
memberitakan fakta yang tak disukai pengusa.
Tahun-tahun
setelah runtuhnya Uni Soviet di dunia internasional terjadi perubahan
peta politik, yang semula komunis sebagai musuh bersama, tidak lagi
dipandang sebagai sesuatu yang dilawan. Sementara di dalam negeri
Indonesia sendiri hal itu sepertinya masih belum disadari, seperti pada
kasus Timor Timur. Ketika Perang
Dingin berlangsung, Barat terutama Amerika mendukung Indonesia untuk
membendung komunisme di sana, namun setelah masa itu usai yang menjadi
perhatian Amerika adalah masalah HAM. Oleh karena itu Amerika tidak lagi
mendukung kebijakan Indonesia soal Timor Timur. Orang-orang Timor Timur
menuntut kemerdekaan penuh dengan Referandum.
Menjelang
kejatuhan Orde Baru, krisis moneter pada bulan Juli 1997 yang pertama
melanda Thailand menyebar ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan
hantaman krisis moneter ini membuat nilai tukar rupiah anjlok. Terjadi
ketidak percayaan (rush) terhadap bank. Suharto menambah hutang
baru dengan menandatangani kesepakatan dengan IMF, namun ia tidak setia
pada syarat-syarat dalam kesepakatan itu. Dalam situasi itu, ia pergi
ke Mesir untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi. Setelah presiden
kembali ke Jakarta, kerusuhan telah terjadi di mana-mana. Yang diawali
dengan terbunuhnya empat mahasiswa.
Suara-suara
kaum intelektual dan mahasiswa yang menginginkan perubahan tak dapat
dibendung lagi. Puncaknya ketika para mahasiswa melakukan demontrasi dan
menduduki gedung DPR, Suharto yang terpilih kembali, akhirnya
mengundurkan diri, 21 Mei 1998.29 Dengan pengunduran diri itu, maka
berakhirlah rezim Orde Baru setelah berkuasa sekitar 32 tahun.
Mengiringi berakhirnya Orde Baru di Jakarta dan di beberapa kota lain
terjadi kerusuhan dan pembakaran. Dalam kerusuhan itu banyak korban
meninggal dunia. Sampai kini belum ada kejelasan siapa dalang di balik
kerusuhan itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar