Rabu, 10 November 2010

Kampung Budaya Sunda



Pernah dengar Kampung Budaya Sindangbarang (KSB)? Tempat ini adalah kompleks wisata budaya Sunda.


Lokasi ini sangat cocok untuk tempat wisata sekaligus berkenalan dengan budaya Sunda yang memang banyak ditawarkan disini.


Kampung Budaya Sindangbarang (KSB) terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Di Kampung Budaya Sindangbarang (KBS), tidak hanya menawarkan budaya, namun juga keseharian masyarakat setempat dan kesenian khas Sunda seperti seruling, aknglung, permainan khas Sunda dan sebagainya.


Lokasi wisata Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) menempati lahan seluas 8.600 meter persegi. Di Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) terdapat 28 bangunan dengan arsitektur khas Sunda. Disini juga terdapat banyak cagar alam yang dilindungi pemerintah.


Selain itu, 78 lokasi situs sejarah Pakuan Sindangbarang ada disini. Cagar alam yang ditawarkan di Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) antara lain taman Sri Baginda, mata air Jalatunda, bukit kecil berundak-undak, punden Majusi, punden Surawisesa, punden Leuweung Karamat, batu tapak, menhir, serta beberapa dolmen.


Cagar budaya alam itu tertata rapi serta dilindungi dan terdapat ditengah perkampungan penduduk, persawahan, atau lahan yang dikeramatkan. Selain peninggalan tersebut, Kampung Budaya Sindangbarang (KBS) juga kerap menggelar tradisi adat setempat yang menjadi daya tarik wisata, yakni Seren Taun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar