Sabtu, 24 April 2010

PENGERTIAN UMUM TENTANG GUNUNGAPI




a. Apakah gunungapi itu?
Gunungapi itu adalah tempat keluarnya magma ke permukaan bumi membentuk suatu kerucut raksasa, dibagian atasnya seperti terpancung dan bila didatangi ke puncak biasanya terdapat sesuatu yang berbentuk kubah atau bukit atau sebuah lubang besar yang disebut kawah dan kadang-kadang kawah itu terisi air membentuk suatu danau. Magma itu adalah suatu cairan pijar terdapat didalam lapisan kulit bumi dengan suhu yang tinggi (lebih dari 1000 o C), mempunyai sifat fisika dan kimia tertentu yang terdiri dari unsur-unsur pembentuk batuan, bila mengalir ke permukaan disebut lava dan bila sudah membeku disebut batuan beku.

b. Beda gunungapi, gunung, bukit atau pegunungan tidak berapi?
Gunungapi berbeda dengan gunung, bukit atau pegunungan yang bukan berapi. Pada daerah gunungapi atau bekas gunungapi akan terdapat perbedaan yang dicirikan oleh : adanya mata air panas, adanya suatu kawah (lubang bekas letusan) dan adanya sumber-sumber uap sering berbau belerang dan adanya kerucut (bukit) atau kubah disekitar puncaknya. 

c. Dimanakah gunungapi terdapat ?
Gunungapi terdapat pada jalur jalur tertentu dimuka bumi ini, yaitu :
1.
Pada jalur punggungan tengah samudera,
2.
Pada Jalur pertemuan dua buah lempeng kerak bumi
3.
Pada titik-titik panas dimuka bumi tempat keluarnya magma di benua maupun di Samudera.
Bumi kita itu bulat sehingga bila kerak bumi bergerak disatu tempat akan terjadi saling bertumbukan satu sama lain dan disisi lain akan terjadi saling menjauhSudah ditakdirkan oleh Tuhan YME bahwa sebagian besar penduduk Indonesia bertempat tinggal di sekitar gunungapi, yang tanahnya subur dan beriklim sejuk. Indonesia merupakan negara kepulauan dan terkenal sebagai negara yang mempunyai gunungapi terbanyak di dunia, terletak pada pertemuan 3 lempeng kerak bumi, yaitu : lempeng Erasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik. Akibat tumbukan ketiga lempeng itu menimbulkan jalur gunungapi aktif yang memanjang 7000 km dari Aceh sampai Sulawesi Utara, melalui Bukit Barisan (30 buah), P. Jawa (35 buah), P. Bali - Kepulauan Nusa Tenggara (30 buah), Kepulauan Maluku (16 buah), dan Sulawesi (18 buah). Di sepanjang jalur tersebut terdapat hampir 13 % dari gunungapi dunia, yaitu terdapat 129 buah gunungapi yang dikategorikan aktif. .
d. Bagaimanakah terbentuknya gunungapi?
 guning api muncul pada jalur-jalur gunung api :

1.
Terbentuk di daerah punggungan tengah samudera tempat berpisahnya/mekarnya lempeng kulit bumi yang pecah saling menjauhi antara lempeng yang satu dengan lainnya, terdorong oleh naiknya cairan magma ke permukaan bumi membentuk gunung berapi (di Islandia).
2.
Terbentuk pada pertumbukan antara lempeng benua dengan lempeng samudera dan lempeng samudera dengan lempeng samudera. Di Indonesia terbentuk sebagaian besar terjadi kerena pertumbukan antara lempeng benua dengan lempeng samudera

e. Kapan terjadinya ?
Gunungapi di Indonesia terjadi sudah ribuan tahun yang lalu malahan ada yang terjadi jutaan tahun lalu. Namun yang aktif hingga sekarang umumnya terbentuk dalam ratus ribuan tahun hingga ribuan tahun yang lalu.


Lava adalah cairan larutan silika pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi melalui kawah gunungapi atau melalui celah (patahan) yang kemudian membeku menjadi batuan yang bentuknya bermacam-macam. Bila cairan tersebut encer akan meleleh jauh dari sumbernya membentuk aliran seperti sungai melalui lembah dan membeku menjadi batuan seperti: lava ropi atau lava blok. Umumnya di Indonesia membentuk lava blok. Bila agak kental, akan mengalir tidak jauh dari sumbernya membentuk kubah lava dan pada bagian pinggirnya membeku membentuk blok-blok lava tetapi suhunya masih tinggi, bila posisinya tidak stabil akan mengalir membentuk awan panas guguran dari lava



Tidak ada komentar:

Posting Komentar